Makalah Teks, Gambar dan Grafik

PENDAHULUAN

Perkembangan globalisasi memudahkan kita untuk mengakses informasi dari seluruh dunia. Salah satu cara untuk menyampaikan informasi adalah dengan multimedia. Multimedia sendiri memiliki pengertian yang berbeda-beda. Dalam bahasa latin, multi berarti banyak atau bermacam-macam dan medium berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan suatu informasi. Sedangkan, menurut Turban, dkk (2002), multimedia adalah kombinasi paling sedikit dua media input atau output dari data. Media ini dapat berupa teks, gambar, grafik, audio, animasi, dan video.

Dalam makalah ini kami akan membahas beberapa elemen multimedia, yaitu teks, gambar, dan grafik.

PEMBAHASAN

A.      TEKS

Pengertian Teks

Menurut KBBI, teks adalah naskah yang berupa kata-kata asli dari pengarang. Teks adalah bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikendalikan. Teks juga merupakan salah satu bentuk dari beberapa media yang digunakan untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi di dalam multimedia.

Jenis-Jenis Teks

  1. 1.    Plain Text (Unformatted Text)

Plain Teks merupakan data dalam bentuk karakter. Teks dalam hal ini adalah kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) dan ASCII extention seperti UNICODE murni. Tiap-tiap karakter dipresentasikan oleh 7 bit “binary digit” (desimal 0=127).

Image

  1. 2.    Formatted Text (Rich Text Format)

Serangkaian teks format yang telah didefinisikan. Contoh rich teks adalah pada saat kita mengetik dengan menggunakan Wordpad (.rtf). Pada Wordpad plain text telah diformat sedemikian rupa dengan menggunakan aturan (tag/tanda) tertentu sehingga teks tersebut dapat dibold, italics, underline, diwarnai, diganti font, dan lain-lain.

  1. 3.    Hypertext

Diperkenalkan oleh Ted Nelson (1965). Hypertext adalah teks yang mempunyai fasilitas linking. Contoh hypertext :

HTML : Hypertext Markup Language

XML : eXtensibel Markup Language

B.      GAMBAR

Pengertian Gambar

Gambar merupakan salah satu elemen terpenting dalam multimedia, sebab sebagian besar manusia bahkan hampir semua manusia selalu berorientasi terhadap visual. Alasan untuk menggunakan gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan  dengan teks. Gambar dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.

Format berbagai gambar pada komputer:

Format

Keterangan

BMP Kepanjangan dari BitMap Graphics.Format yang biasa digunakan pada DOS dan Windows

Ekstensi: .bmp

CDR Format gambar yang dihasilkan oleh CorelDrawEkstensi: .cdr
DXF DXF (Drawing eXchange Format) adalah format gambar  yang dihasilkan oleh program AutoCAD.Ekstensi: .dxf
EPS Encapsulated PostScript adalah format yang dapat digunakan untuk teks dan gambar.Ekstensi: .eps
GIF Graphic Interchange Format, dikembangkan oleh compuserve pada tahun 1987. Hanya dapat menangani 256 warna.Ekstensi: .gif
HPG Format dari Hewlett Packard (Hewlett Packard Graphics Language).Ekstensi: .hpg
JPG Joint Photographic Expert Group, tingkat kompresinya sangat tinggi.Ekstensi: .jpg, .jpeg atau .jpe
PCX Format yang digunakan oleh perangkat lunak paintbrush.Ekstensi: .pcx
PNG Portable Network Graphic dirancang oleh W3C (World Wide Web Consortium) untuk menggantikan  GIF dan JPEG.Ekstensi: .png
TGA Targa, merupakan format berkas gambar yang dibuat oleh True Vision, Inc. Untuk mengimplementasikan true color (warna alami yang mengandung jutaan warna).Ekstensi: .tga
TIFF Tagged Image File Format. Format ini biasa digunakan pada dekstop publishing.Ekstensi: .tif
WMF Windows MetaFile, biasa dijumpai pada windows.Ekstensi: .wmf
WPG Format gambar yang dihasilkan oleh DrawPerfect.Ekstensi: .wpg

C.      GRAFIK

Pengertian Grafik

Grafik adalah representasi data dengan cara yang mencakup penambahan gambar ataupun teks untuk memberikan informasi, penjelasan ataupun untuk hiburan. Membantu komputer untuk mendesign, melakukan typesetting, video games termasuk kegunaan dari grafik.

Ada 2 jenis grafik:

  1. Raster

Setiap pixel didefinisikan terpisah

  1. Vektor

Formula matematika digunakan untuk menggambar graphic primitives (garis, kotak, lingkaran, dan lain-lain) dan menggunakan atributnya. Gambar vektor biasanya berukuran lebih kecil, gambar tidak pecah, dan semua manipulasi dilakukan melalui rumus.

Grafik tidak hanya terdiri dari gambar-gambar statis. Grafik tersebut dapat dimanipulasi secara dinamis:

  • Motion dynamics: objek atau background bergerak
  • Update dynamics: objek berubah bentuk, warna, dan lain-lain

Format grafik:

Format

Keterangan

PICT Format file default Macintosh yang biasa digunakan untuk program MacDraw.Ekstensi: .pic
BMP BMP atau Bitmap formatnya mendukung RGB, indexed colour, grayscale, dan bitmap colour mode, tetapi tidak mendukung alpha channel.Ekstensi: .bmp
JPEG JPEG bertanggung jawab terhadap pengembangan standar dan format pemetaan gambar yang digunakan secra luas. Ukurannya relatif kecil dan paling cocok digunakan di web.Ekstensi: .jpg
GIF File GIF dapat mengendalikan kedalaman warna 16  bit dan mampu mengkompresi gambar dengan sifat losses.Ekstensi: .gif
TIFF TIFF merupakan format file terkompresi yang biasa digunakan pada paket dekstop publishing.Ekstensi: .tif
EPS EPS digunakan untuk mentransfer artwork bahasa post  script antar aplikasi.Ekstensi: .eps
PNG PNG mempunyai kemampuan menampilkan gambar pada 24 bit dan menghasilkan latar belakang secara transparan.Ekstensi: .png
PSD PSD (Photoshop Document) mendukung seluruh mode gambar yang tersedia. File PSD tidak terkompresi dan memuat informasi tentang berbagai graphic layer yang ada tanpa sebuah file.Ekstensi: .psd

PENUTUP

Teks, gambar dan grafik merupakan elemen-elemen penting dalam multimedia. Teks merupakan salah satu dari beberapa media yang digunakan untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi di dalam multimedia. Terdiri dari plain text, formatted text, dan hypertext. Selain teks, gambar juga digunakan untuk menyampaikan informasi dan gambar lebih menarik dibandingkan teks.  Gambar juga dapat meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.  Grafik adalah representasi data dengan cara yang mencakup penambahan gambar ataupun teks untuk memberikan informasi, penjelasan ataupun untuk hiburan. Ketiga elemen tersebut saling berkaitan satu sama lain dalam sistem multimedia untuk menunjang kegiatan pengajaran dan bidang lainnya.

Oleh karena itu perlu untuk mempelajari teks, gambar, dan grafik yang merupakan elemen dasar dalam multimedia agar lebih memudahkan kita dalam mempelajari multimedia lebih mendalam.

DAFTAR PUSTAKA

Binanto, Iwan. 2010. Multimedia Digital – Dasar Teori dan pengembangannya. Yogyakarta: ANDI

Lasmani, Missa. “Pengantar Pemograman Multimedia” http://missa.staff.gunadarma.ac.id/ di unduh Rabu, 7 Maret 2012

Suyanto, M. 2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Kebutuhan Bersaing. Yogyakarta: ANDI

Vaughan, Tay. 2008. Multimedia: Making It Work 7th Edition. USA: Mc Graw Hill

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s